Thursday 29 January 2009

Pesantren Abuya Dimyati, Banten

Pesantren ini sangat sederhana dan tradisional sekali karena pesantren ini hanya memiliki bangunan yang terbuat dari bambu saja, walaupun sederhana pesantren ini memiliki kekuatan yang sangat magic bisa menarik orang dari luar daerah untuk datang ke pesantren ini.

Pesantren ini berada di daerah kulon ( barat ) dikota Banten tepatnya di desa Cidahu, Banten. Semua orang disana pasti hafal tentang pesantren ini, karena pesantren ini sangat terkenal dikalangan para santri dan para kiyai.

Pesantren ini didirikan oleh KH. Dimyati atau sering kami sebut Abuya Dimyati beliau adalah guru yang sangat mulia, yang sangat mengagumkan. Salah satu ajarannya yaitu ketika beliau ingin mengajar ngaji para santri yang didahulukan adalah bertanya apakah semua putra beliau sudah ikut mengaji atau belum, karena menurut beliau keluarga adalah amanah dari Allah SWTyang harus dijaga dan diberikan pengajaran, agar menjadi manusia yang bermanfaat fiddin waddunya wal akhirat.

Pertama kali saya ke pesantren itu dalam rangka silaturahmi, ada kejadian yang menurutku adalah sangat luar biasa, yaitu ketika saya akan bersalaman dengan Abuya Dimyati, saat itu sudah malam dan keadaan di luar sangat gelap, tapi saya melihat wajah Abuya Dimyati saat itu sangat bercahaya mengalahkan lampu yang berada di tempat itu, seolah pancaran wajahnya menutupi lampu-lampu itu.

Saat itu saya sangat takjub akan keajaiban ini, dan saya sangat bersyukur bisa melihat ulama yang sangat membuat saya merasakan hal yang belum pernah saya rasakan selama hidup ini. Yaitu kekaguman yang luar biasa, hingga saya bercita-cita ingin menjadi seperti beliau.

Namun sayang sekali Abuya Dimyati sekarang telah meninggal dunia, dan beliau meninggalkan ilmu untuk putra-putranya dan juga untuk para santrinya termasuk saya. Semoga saya bisa seperti beliau. Amin Ya Robbal Alamin.

10 comments:

  1. Abuya Dimyati adalah sosok ulama yang sangat saya banggakan dan suri tauladan. Beliau wafat pada dan kebetulan ketika saya sekeluarga sedang berada di pesantren itu. Sedih sekali ketika saya dengar abuya telah wafat. Sami kehilangan beliau. Sungguh sungguh kami kehilangan. Dan sampai saat ini belum saya dapati lagi ulama seperti beliau. Subhanallah...!

    ReplyDelete
  2. A'salam dari Malaysia,

    Saya ingin bertanya jika bisa saya ke pesantren ki dimyati kerna mempunyai hajat. Juga siapa yang memimpin pesantren ini. Terima kasih kpd saudara, semoga ALLAH swt merahmati senantiasa. Wassalam

    ikhlas
    Farouk Hussain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa Alaikumussalaam....
      Pemimpin saat ini iyalah Abah Muhtadi(Putra Almarhuum Abuya Dimyati)

      Delete
  3. Tentu saja anda bisa jika berkenan. Pesantren beliau diteruskan oleh para putra abuya. KH MUHAMMAD MUHTADI & KH A Murtadho

    ReplyDelete
  4. Saya telah beberapa kali brkunjung k pesantren & makam abuya. Hanya skitar 1 stengah jam dr tmpt kami tinggal.

    ReplyDelete
  5. boleh kah saya tahu no telp pesantrennya

    Saya ingin berbaiat Syadzaliyah ke beliau

    ReplyDelete
  6. gans kaum bersarung, mau ziarah ke tempat beliau KH. ABUYA DIMYATI TAPI TIDAK TAHU ALAMATNYA bisa cari tahu gans.....ntar hubungi lewat email ini, Has.has_mu@yahoo.com. terima kasih sebelumnya!!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Balaraja Tanggerang/Terminal Pakupatan Serang naik mobil jusrusan Labuan (Bukan PElabuan) Kalo PElabuhan beda jalur, jadi nya PElabuan Ratu.
      Terus Turun di Cidayu.

      Delete
    2. terima kasih atas alamatnya. mungkin bisa buat petunjuk untuk rute ziarah wali 9.wassalam.

      Delete